TEMA 2 PERGESERAN PARADIGMA KEPEMERINTAHAN Modul Essensi Pemerintah

Sunday, 27 November 2016

TEMA 2 PERGESERAN PARADIGMA KEPEMERINTAHAN
Modul Essensi Pemerintah

Topik
Essensi Pemerintah

Tujuan
·             Peserta paham arti kata pemerintah sebagai mengarahkan (streering)
·             Peserta paham core business pemerintah adalah memampukan dan mengarahkan

Kegiatan belajar
1.       Dialog pergeseran paradigma kepemerintahan
2.       Pemerintah sebagai Nakhoda

Waktu
2 Jpl

Acuan
Kasus Pemda yang mampu berperan sebagai “enabler” dan “nakhoda”



Kegiatan Belajar 1
Dialog pergeseran paradigma kepemerintahan

Tujuan

Peserta mampu menguraikan dengan kata kata sendiri :
·         Peran utama pemerintah sebagai steering (mengarahkan) dan bukan rowing  (mendayung/melaksanakan)
·         Beberapa paradigma yang menjadi ciri kepemerintahan yang baik

Materi atau ringkatan belajar

Peserta diajak untuk diskusi dan refleksi secara kritis apa peran utama pemerintah (core business pemerintah) dengan mempelajari 10 paradigma yang menjadi ciri kepemerintahan yang baik

Waktu

1 JPL (45 menit)
Perlengkapan

Kertas plano/flip
Kartu metaplan
Papan tulis dengan perlengkapannya
Cylotape kertas
LCD dengan perlengkapannya

Proses/Usulan langkah demi langkah

Buka pertemuan dengan salam singkat kemudian lanjutkan dengan menjelaskan bahwa kita memasuki Tema 2 Pergeseran paradigm kepemerintahan dan akan segera dimulai dengan Modul 1 Esensi Pemerintah dengan tujuan :
·         Peserta paham pergeseran paradigma kepemerintahan menuju kepemerintahan yang memampukan dan mengarahkan (steering)
·         Peserta mampu menerapkan paradigm pemerintah sebagai pengarah

Kemudian jelaskan bahwa Modul 1 ini akan dimulai dengan kegiatan belajar 1 Diskusi pergeseran paradigma kepemerintahan,

Setelah penjelasan ini lanjutkan dengan :

1.    Membaca bahan serahan 10 menit
Minta peserta untuk membaca bahan serahan selama 10 menit, kemudian mintalah salah satu peserta untuk memimpin diskusi kelas (bahan serahan MB Pergeseran Paradigma)

2.    Diskusi kelas 35 menit, untuk merumuskan jawaban terhadap pertanyaan tersebut dibawah ini
·         Menurut anda apa peran utama pemerintah
·         Jadi sebaiknya pemerintah menyediakan pelayanan atau menjamin ketersediaan pelayanan
·         Apakah sebaiknya landasan kerja pemerintah (aturan atau misi). Bagaimana aplikasinya.
·         Bagaimana caranya menjamin ketersediaan pelayanan terjadi

Tulis hasil diskusi kelas di kertas plano/flipchart yang tersedia

Catatan untuk pemandu:
Pemandu dapat memotong diskusi dan memberikan pertanyaan tambahan untuk akhirnya memperjelas. Jadi tidak perlu waktu khusus untuk pencerahan









LK – Esensi Kepemerintahan - 1
Pertanyaan dan tugas yang terkait dengan kegiatan Diskusi pergeseran paradigm kepemerintahan


1.    Membaca bahan serahan : 10 menit
Minta peserta untuk membaca bahan serahan selama 10 menit, kemudian mintalah salah satu peserta maju untuk memimpin diskusi kelas

2.    Diskusi kelas : 35 menit,
Rumuskan jawaban terhadap pertanyaan tersebut dibawah ini melalui curah pendapat atau FGD dan dapat juga menggunakan metaplan
·         Menurut anda apa peran utama pemerintah
·         Jadi sebaiknya pemerintah menyediakan pelayanan atau menjamin ketersediaan pelayanan
·         Apakah sebaiknya landasan kerja pemerintah (aturan atau misi). Bagaimana aplikasinya.
·         Bagaimana caranya menjamin ketersediaan pelayanan terjadi

Tulis hasil diskusi kelas di kertas plano/flipchart yang tersedia





Kegiatan Belajar 2
Pemerintah sebagai Nakhoda
Tujuan

Peserta mampu menguraikan dengan kata kata sendiri :
·         Aplikasi peran utama pemerintah sebagai steering (mengarahkan) dan bukan rowing  (mendayung/melaksanakan)
·         Contoh contoh nyata sehari hari
Materi atau ringkatan belajar

Peserta diajak untuk diskusi dan refleksi secara kritis bagaimana aplikasi peran utama pemerintah (core business pemerintah) dalam pengelolaan kota/kabupaten sehari hari dan contoh contoh nyata.

Waktu

1 JPL (45 menit)
Perlengkapan

Kertas plano/flip
Kartu metaplan
Papan tulis dengan perlengkapannya
Cylotape kertas
LCD dengan perlengkapannya
Proses/Usulan langkah demi langkah

Buka pertemuan dengan salam singkat kemudian lanjutkan dengan menjelaskan bahwa kita akan melanjutkan dengan kegiatan belajar 2 untuk lebih menggali kembali peran pemerintah sebagai pengarah/pengemudi dan mencari contoh contoh dalam tata kelola kepemerintahan sehari hari

Setelah penjelasan ini lanjutkan dengan meminta dua peserta memimpin dan mencatat diskusi kelas:

1.    Diskusi kelas 40
Minta pemimpin diskusi membacakan beberapa pertanyaan kunci yang akan menjadi topic diskusi kelas
  • Dari sesi sebelumnya ada 10 paradigma kepemerintahan yang baik. Mana dari paradigm tersebut yang menunjukkan bahwa Pemerintah/Pemerintah Daerah harus berperan sebagai Nakhoda, pilih 3 paradigma yang anda anggap merupakan paradigm kunci.
  • Diskusikan juga alasan kelas memilih 3 paradigma tersebut
  • Dari pengalaman anda sehari hari pilih 3 peristiwa yang menunjukkan peran Pemerintah/Pemerintah Daerah sebagai Nakhoda melalui proses memampukan dan mengarahkan

Tulis hasil diskusi kelas di kertas plano/flipchart yang tersedia didepan

Catatan untuk pemandu:
Pemandu dapat memotong diskusi dan memberikan pertanyaan tambahan untuk akhirnya memperjelas. Jadi tidak perlu waktu khusus untuk pencerahan





LK – Esensi Kepemerintahan - 2
Pertanyaan dan tugas yang terkait dengan kegiatan Diskusi pemerintah sebagai nakhoda

Diskusi kelas 40 menit

Minta pemimpin diskusi membacakan beberapa pertanyaan kunci yang akan menjadi topic diskusi kelas kemudian dilahkan dibahas jawaban masing-masing melalui cara curah pendapat atau FGD

  • Dari sesi sebelumnya ada 10 paradigma kepemerintahan yang baik mana dari paradigm tersebut yang menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah harus berperan sebagai Nakhoda, pilih 3 paradigma yang anda anggap merupakan paradigm kunci.
  • Diskusikan juga alasan kelas memilih 3 paradigma tersebut
  • Dari pengalaman anda sehari hari pilih 3 peristiwa yang menunjukkan peran Pemerintah/Pemerintah Daerah sebagai Nakhoda melalui proses memampukan dan mengarahkan


Tulis hasil diskusi kelas di kertas plano/flipchart yang tersedia didepan




0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

 
KOTAKU © 2016 | Designed by kotaku, from Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum