TEMA 2 PERGESERAN
PARADIGMA KEPEMERINTAHAN
Modul Essensi Pemerintah
Topik
|
Essensi Pemerintah
|
Tujuan
|
·
Peserta paham arti kata pemerintah sebagai mengarahkan
(streering)
·
Peserta paham core business pemerintah adalah
memampukan dan mengarahkan
|
Kegiatan belajar
|
1.
Dialog pergeseran paradigma kepemerintahan
2.
Pemerintah sebagai Nakhoda
|
Waktu
|
2 Jpl
|
Acuan
|
Kasus Pemda yang mampu
berperan sebagai “enabler” dan “nakhoda”
|
Kegiatan Belajar 1
|
Dialog pergeseran
paradigma
kepemerintahan
|
Tujuan
|
Peserta mampu menguraikan
dengan kata kata sendiri :
·
Peran utama pemerintah sebagai steering (mengarahkan)
dan bukan rowing (mendayung/melaksanakan)
·
Beberapa paradigma yang menjadi ciri
kepemerintahan yang baik
|
Materi atau ringkatan belajar
|
Peserta diajak untuk diskusi
dan refleksi secara kritis apa peran utama pemerintah (core business
pemerintah) dengan mempelajari 10 paradigma yang menjadi ciri kepemerintahan
yang baik
|
Waktu
|
1 JPL (45 menit)
|
Perlengkapan
|
Kertas plano/flip
Kartu metaplan
Papan tulis dengan
perlengkapannya
Cylotape kertas
LCD dengan
perlengkapannya
|
Proses/Usulan langkah
demi langkah
|
Buka pertemuan dengan salam
singkat kemudian lanjutkan dengan menjelaskan bahwa kita memasuki Tema 2 Pergeseran
paradigm kepemerintahan dan akan segera dimulai dengan Modul 1 Esensi Pemerintah
dengan tujuan :
·
Peserta paham pergeseran paradigma kepemerintahan
menuju kepemerintahan yang memampukan dan mengarahkan (steering)
·
Peserta mampu menerapkan paradigm pemerintah sebagai pengarah
Kemudian jelaskan bahwa Modul 1 ini
akan dimulai dengan kegiatan belajar 1 Diskusi pergeseran paradigma kepemerintahan,
Setelah penjelasan ini lanjutkan
dengan :
1.
Membaca bahan serahan 10 menit
Minta peserta
untuk membaca bahan serahan selama 10 menit, kemudian mintalah salah satu
peserta untuk memimpin diskusi kelas (bahan serahan MB Pergeseran Paradigma)
2.
Diskusi kelas 35 menit, untuk merumuskan jawaban
terhadap pertanyaan tersebut dibawah ini
·
Menurut anda apa peran utama pemerintah
·
Jadi sebaiknya pemerintah menyediakan pelayanan atau
menjamin ketersediaan pelayanan
·
Apakah sebaiknya landasan kerja pemerintah (aturan atau
misi). Bagaimana aplikasinya.
·
Bagaimana caranya menjamin ketersediaan pelayanan
terjadi
Tulis hasil diskusi kelas di kertas
plano/flipchart yang tersedia
Catatan untuk pemandu:
Pemandu dapat memotong
diskusi dan memberikan pertanyaan tambahan untuk akhirnya memperjelas. Jadi
tidak perlu waktu khusus untuk pencerahan
|
LK
– Esensi Kepemerintahan - 1
Pertanyaan
dan tugas yang terkait dengan kegiatan Diskusi pergeseran paradigm
kepemerintahan
1.
Membaca bahan serahan : 10 menit
Minta
peserta untuk membaca bahan serahan selama 10 menit, kemudian mintalah salah
satu peserta maju untuk memimpin diskusi kelas
2.
Diskusi kelas : 35 menit,
Rumuskan
jawaban terhadap pertanyaan tersebut dibawah ini melalui curah pendapat atau
FGD dan dapat juga menggunakan metaplan
·
Menurut anda apa peran utama pemerintah
·
Jadi sebaiknya pemerintah menyediakan pelayanan atau
menjamin ketersediaan pelayanan
·
Apakah sebaiknya landasan kerja pemerintah (aturan atau
misi). Bagaimana aplikasinya.
·
Bagaimana caranya menjamin ketersediaan pelayanan
terjadi
Tulis hasil diskusi kelas di kertas
plano/flipchart yang tersedia
|
Kegiatan Belajar 2
|
Pemerintah sebagai Nakhoda
|
Tujuan
|
Peserta mampu
menguraikan dengan kata kata sendiri :
·
Aplikasi
peran utama pemerintah sebagai steering (mengarahkan) dan bukan rowing (mendayung/melaksanakan)
·
Contoh
contoh nyata sehari hari
|
Materi atau ringkatan
belajar
|
Peserta diajak untuk
diskusi dan refleksi secara kritis bagaimana aplikasi peran utama pemerintah
(core business pemerintah) dalam pengelolaan kota/kabupaten sehari hari dan
contoh contoh nyata.
|
Waktu
|
1 JPL (45 menit)
|
Perlengkapan
|
Kertas plano/flip
Kartu metaplan
Papan tulis dengan
perlengkapannya
Cylotape kertas
LCD dengan
perlengkapannya
|
Proses/Usulan langkah
demi langkah
|
Buka pertemuan dengan
salam singkat kemudian lanjutkan dengan menjelaskan bahwa kita akan
melanjutkan dengan kegiatan belajar 2 untuk lebih menggali kembali peran
pemerintah sebagai pengarah/pengemudi dan mencari contoh contoh dalam tata
kelola kepemerintahan sehari hari
Setelah penjelasan ini
lanjutkan dengan meminta dua peserta memimpin dan mencatat diskusi kelas:
1. Diskusi kelas 40
Minta pemimpin diskusi membacakan
beberapa pertanyaan kunci yang akan menjadi topic diskusi kelas
Tulis hasil diskusi kelas di kertas
plano/flipchart yang tersedia didepan
Catatan untuk pemandu:
Pemandu dapat memotong
diskusi dan memberikan pertanyaan tambahan untuk akhirnya memperjelas. Jadi
tidak perlu waktu khusus untuk pencerahan
|
LK
– Esensi Kepemerintahan - 2
Pertanyaan
dan tugas yang terkait dengan kegiatan Diskusi pemerintah sebagai nakhoda
Diskusi kelas 40 menit
Minta pemimpin diskusi
membacakan beberapa pertanyaan kunci yang akan menjadi topic diskusi kelas
kemudian dilahkan dibahas jawaban masing-masing melalui cara curah pendapat
atau FGD
Tulis hasil diskusi
kelas di kertas plano/flipchart yang tersedia didepan
|
0 comments:
Post a Comment